Pakai Skin Care Gak Ngaruh? Bisa Jadi Skin Barrier Rusak!

Apa ada beberapa Solovers di sini yang punya pertanyaan seperti terlampir?

Kenapa sih pake skin care apapun gak ngaruh banget di aku?

Mukaku bebal apa gimana sih pake krim yang lembut sampe yang keras gak ada efek apa-apa.

Udah pake perawatan A-Z, masalah kulit tetap aja muncul gak abis-abis.

Nah… pasti sebel banget kan rasanya. Udah keluar biaya gak sedikit buat tuntasin masalah kulit, bukannya dapet untung malah buntung! Kalau kamu ngerasa pakai skin care apapun gak ngaruh, coba cek dulu jangan-jangan skin barrier kamu udah damaged alias rusak!

Buat Solovers yang masih belum tau banyak soal skin barrier, dia adalah bagian terluar pada tubuh manusia yang berfungsi untuk melindungi kulit dari external factors yang berbahaya. Selain itu, skin barrier juga berfungsi untuk menampung 60% kelembapan kulit. Kebayang dong kalau skin barrier rusak. Ngerrrrriiii…

Akibat dari skin barrier yang rusak adalah kulit akan terasa lebih sensitif dan mudah iritasi. Kita juga perlu tau nih penyebab skin barrier rusak diantaranya adalah bertambahnya usia, cuaca yang tidak cocok dengan kulit sampai penggunaan produk perawatan kulit yang gak tepat/ gak cocok di kulit. Jadi, menjaga skin barrier agar tidak rusak itu harus dilakukan sedini mungkin. Tapi gimana dong kalau skin barrier ku udah terlanjur rusak? Jangan khawatir, Solovers! Berikut ada tips untuk mengatasi skin barrier yang rusak. Check it out below.

Meminimalisir penggunaan produk skin care

Kalau kamu tipe yang pakai banyak produk dalam rangkaian skin care routine, wajib dicatat bahwa belum tentu lho penggunaan produk yang banyak itu bisa membuat keadaan kulit kamu membaik. Justru kalau kamu menambahkan produk yang sebetulnya gak dibutuhkan oleh kulit, skin barrier akan lebih mudah rusak. Jadi, langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki dan melindungi skin barrier adalah meminimalisir pengunaan skin care yang berlebih.

Coba deh kita kurasi lagi yuk produk perawatan yang mengandung alkohol, astringents, witch hazel, SLS, dan salicylic acic yang punya kadar cukup tinggi, karena kandungan tersebut akan menghilangklan sebum alami di kulit dan menyebabkan skin barrier lebih sensitif. Tapi selama kandungan tersebut hanya terdapat dalam jumlah minimal di dalam produk, lebih baik kamu patch test dulu di area kulit lain sebelum kamu pakai di wajah ya untuk memastikan produknya gak bikin masalah kulitmu makin menjadi-jadi.

Pakai produk dengan kandungan pelembab yang tinggi

Kulit yang terhidrasi dan terjaga kelembapannya adalah kunci untuk menjaga skin barrier. Coba fokus untuk menggunakan produk yang berfungsi untuk mengunci kelembapan kulit seperti produk perawatan wajah yang mengandung hyaluronic acid, linoleic acid, niacinamide atau minyak bunga matahari (sunflower oil).

Stop sementara proses eksfoliasi

Buat kamu yang terbiasa eksfoliasi kulit pasti bakal kehilangan banget deh kalau disuruh stop sementara proses eksfoliasi. Soalnya satisfying banget kaaaan rasanya meluruhkan kotoran-kotoran di wajah sekaligus angkat sel kulit mati. Nah, tapiii kalau skin barrier kamu udah terlanjur rusak, ada baiknya hentikan dulu sementara sampai kelembapan kulit kamu sudah dalam keadaan normal lagi yaa. Apalagi kalau kamu terbiasa eksfoliasi lebih sering dari aturan yang dianjurkan (yaitu 1-2 kali per minggu), bisa-bisa kulit kamu akan makin tipis, sensitif dan malah bisa menimbulkan masalah kulit lainnya.

Pilih produk yang mengandung antioksidan

Faktor eksternal yang bisa menyebabkan rusaknya skin barrier adalah polusi, debu dan sinar matahari. Terpapar ketiga faktor tersebut setiap hari apalagi kamu gak pakai sunscreen sih sama aja kaya bunuh diriiii. Selain rutin pakai sunscreen, kamu juga butuh produk perawatan kulit yang tinggi antioksidan, seperti produk skin care yang mengandung green tea dan kaya akan Vitamin A, E dan C.

Ubah gaya hidup

Gak cukup hanya perawatan dari luar, memperbaiki skin barrier juga butuh perawatan dari dalam pastinya. Wajib ubah gaya hidup jadi lebih seimbang dengan cara rutin berolahraga, konsumsi makanan dan minuman dengan gizi seimbang juga supplement intake jika perlu. Lalu, coba juga untuk selalu berpikir positif ya Solovers. Jiwa yang senang juga akan menjadikan raga sehat!

Biar Solovers kesayangan Minsol ini gak bingung cari produk skin care dengan kriteria di atas harus ke mana. Cek rekomendasi produk di bawah ini ya!

1. Solcare Extra White Glow Serum: Mengandung anti oksidan, mengenyalkan dan melembapkan kulit.

2. Solcare Facetamin Spray: Mengandung Niacinamide, mengontrol sebum pada wajah, mampu menangkal radikal bebas, melembapkan kulit.

3. Solcare Sunflower Oil: Kaya akan Vitamin E, mengandung anti oksidan, melembapkan kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *