Cek Bahaya Pakai Produk Ini Untuk Wajah!

Modal “katanya” tetangga, “katanya” temen dan lainnya, akhirnya kamu nekat pakai beberapa produk ini untuk mengatasi permasalahan kulit kamu. Ada yang bilang ‘Kalau jerawatan pake pasta gigi aja ditotolin di jerawat’ atau ‘Mau kulit mulus? Coba deh maskeran pake baking soda’ waduhhh Solovers, sebelum keracun sama yang ‘katanya’ itu, lebih baik dicek dulu deh apa sih bahaya pakai produk-produk tersebut untuk wajah kamu?

Baking Soda

What's the Difference Between Baking Soda and Baking Powder? | by Abbey |  Food Science Fusion | Medium

Kulit normal manusia berada di tingkat keasaman atau pH 4-7, dan baking soda punya pH 8 lho. Perlu diketahui juga bahwa pH netral adalah di angka 7, jadi segala sesuatu yang pH-nya di bawah 7 dianggap asam atau bersifat acidic sedangkan yang mempunya pH di atas 7 dianggap alkali atau non-acidic.

Secara alami, kulit kita ada di sisi asam dengan pH normal antara 4-7 saja, dan tingkat keasaman tersebut digunakan kulit untuk melawan mikroba dan zat lain yang dapat membahayakan kulit serta mempercepat proses penuaan kulit. Jadi, kalau kamu gunakana baking soda pada wajah yang mana baking soda tersebut mengandung pH 8, maka ia akan mengurangi kandungan air pada kulit dan menyebabkan kulit menjadi kering. Kalau udah kering? wah… siap-siap deh untuk merawat lebih lagi supaya gak keriput.

Lemon, jeruk maupun jenis jeruk lainnya

6 Evidence-Based Health Benefits of Lemons

Lemon maupun jenis jeruk lainnya bersifat asam atau acidic, dan mengandung asam sitrat/ citric acid. Beberapa produk skin care juga ada yang mengandung bahan tersebut (asam sitrat/ citric acid) dalam jumlah yang masih aman dan direkomendasikan untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Nah kalau kamu berpikir ‘Wah kulit kan perlu asam nih. Daripada beli skin care aku mending pake jeruk aja deh di muka!’ wah kamu salah besar. Karena kandungan asam sitrat/ citric acid pada jeruk (jeruk manapun ya) terlalu asam untuk diaplikasikan ke kulit. Tingkat keasaman yang sangat tinggi ini bisa membuat kulitmu jadi kering bahkan iritasi!

Selain itu, jenis jeruk-jeruk dan lemon-lemon ini pun mengandung zat yang bisa membuat kulit jadi jauh lebih sensitif terhadap matahari sehingga akan mengakibatkan kulit mudah terbakar.

Bawang

Ragam Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan, Baik untuk Kulit dan Rambut -  Bola.net

Pernah denger katanya kalau jerawatan ditempeli bawang putih aja supaya kempes. Iya sih kempes, tapi berbekas lhoooo dan gak jarang bekasnya itu jadi bopeng atau bahkan terlihat seperti kulit bekas terbakar. Bahaya bawang putih untuk wajah karena bawang putih dapat menimbulkan alergi, eksim, inflamasi bahkan kulit melepuh.

Udah deh, bawang emang paling bener kalau dipake buat masakan aja.

Pasta Gigi

Manfaat Lain Pasta Gigi untuk Kendaraan Anda - Otomotif Liputan6.com

Banyaaaaaaak banget orang yang pakai pasta gigi/ odol untuk jerawat atau mendinginkan luka ketika terkena air panas. Padahal, pasta gigi justru dapat menyebabkan kulit kering bahkan menyebabkan iritasi. Mayoritas pasta gigi mengandung zat flouride, dan untuk beberapa orang dengan kulit yang sensitif dengan flouride, menggunakan pasta gigi di area wajah dapat menyebabkan merintisan atau bintik kecil seperti luka! Ngeri!

Sekarang sudah tau bahaya produk-produk tersebut, masih berani atasi masalah kulit dengan produk itu? Kalau Minsol sih, mendingan cek Shopee nya Solcare.ID deh buat dapetin perawatan kulit yang aman, terdaftar di BPOM pula, bahkan aman untuk kulit sensitif. Cek produknya dengan klik link ini yaa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *