Solusi Jerawat Berdasarkan Jenis Kulit: Sensitive Skin atau Sensitized Skin?

Banyaknya perempuan dan laki-laki yang bermasalah dengan jerawat bikin search rate untuk solusi jerawat naik nih search engine. Selain rame banget nih orang yang cari tahu sebenernya solusi jerawat yang paling ampuh itu apa, kita juga harus paham kalau solusi jerawat bisa dilakukan dengan mengetahui jenis kulit terlebih dahulu; apakah kita termasuk yang punya sensitive skin atau justru malah sensitized skin? Kita cek perbedaannya dulu yuk!

Jenis-Jenis Kulit Wanita dan Cara Merawatnya dengan Tepat - Hai Gadis
perawatan kulit sensitif

Sensitive Skin

Kulit sensitif merupakan jenis kulit yang dipengaruhi oleh faktor genetik dan biasanya dimiliki sejak lahir. Pada kulit yang sensitif, kulit biasanya tampak kemerahan, mudah alergi, sering terasa kering, tampak garis kemerahan serta rentan terhadap iritasi yang disebabkan oleh debu dan sinar matahari.

Untuk kulit yang sensitif karena faktor genetika, solusi jerawat atau permasalahan kulit lainnya bisa diatasi dengan cara yang relatif lebih mudah dan alami seperti

  1. Membersihkan wajah secara rutin 2x sehari dengan diawali dengan double cleansing
  2. Menggunakan pelembab yang cocok untuk kulit sensitif
  3. Menghindari paparan debu dan sinar matahari secara langsung
  4. Menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari
  5. Pilih produk perawatan/ skin care dengan bahan alami
  6. Hindari produk dengan scrub
  7. Tidak menggunakan terlalu banyak produk dalam waktu yang bersamaan
  8. Menjalani pola hidup sehat
Sensitive v's Sensitized skin | Shine Skin and Body
apa itu sensitized skin

Sensitized Skin

Sedangkan pada sensitized skin, faktor kepekaan atau reaksi kulit terhadap sesuai dipengaruhi oleh berbagai faktor interal (seperti usia, hormon, dan lainnya) juga faktor eksternal (seperti efek dari produk perawatan wajah, polusi maupun gaya hidup). Sensitized skin memiliki tampilan yang biasanya tampak kusam, kemerahan, mudah muncul jerawat, kering dan rentan iritasi.

Lalu apa sebenarnya penyebab kulit kita bisa jadi sensitized skin?

  • Menggunakan produk skin care dengan kadar pH yang tidak sesuai dengan kulit (kadar pH terlalu tinggi maupun terlalu rendah)
  • Terbiasa menggunakan produk dengan kandungan scrub dengan jangka waktu yang panjang
  • Menggunakan produk skin care yang mengandung merkuri
  • Over exfoliating atau terlalu sering melakukan eksfoliasi kulit
  • Menggunakan produk yang rentang bergesekan dengan kulit

Bagi kulit berjenis sensitized skin, solusi jerawat maupun permasalahan kulit lainnya dapat diatasi dengan melakukan hal-hal berikut:

  1. Menghentikan penggunakan skin care yang memicu timbulnya permasalahan kulit seperti skin care yang mengandung merkuri.
  2. Hentikan dulu proses eksfoliasi kulit dengan kandungan AHA dan BHA. Jika ingin ekfoliasi, pilih exfoliator dengan kandungan PHA yang aman untuk kulit sensitif.
  3. Gunakan produk dengan kandungan yang dapat menenangkan kulit seperti mugwort, centella asiatica dan ceramide
  4. Gunakan pelembap dengan kandungan humektan, emollient dan oklusif
  5. Hindari menyentuh wajah

Wah, ternyata meskipun gejalanya hampir mirip, tapi sensitive skin dan sensitized skin ternyata punya perbedaan ya, makanya cara untuk solusi jerawat untuk kedua jenis kulit tersebut pun berbeda. Kalau kamu ingin tau solusi masalah kulit, solusi jerawat ataupun konsultasi kecantikan lainnya, yuk gabung di grup sharing Solcare Acne Fighters Community Sharing. Tinggal klik gambar di bawah ini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up