Cegah Dehidrasi Kulit Selama Berpuasa Dengan Kandungan Skin Care Ini

Cegah Dehidrasi Kulit Selama Berpuasa Dengan Kandungan Skin Care Ini

Tubuh bisa kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi selama berpuasa belasan jam karena tidak ada cairan yang masuk ke tubuh kita. Makanya, saat berpuasa kita dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan cairan seperti minum minimal 2 liter air per hari di saat sahur dan berbuka puasa.

Minsol, kalau puasa kulit memangnya bisa dehidrasi ya? Tentu aja, Solovers. Kalau kamu mengalami kulit dehidrasi, hal ini ditandai dengan beberapa hal seperti kulit yang jadi tampak kusam, terlihat berminyak tapi terasa kering, kulit terasa lebih sensitif sampai ada juga yang merasa kulit gatal dan bersisik.

Hal ini bisa dihindari? Bisa! Untuk menghindari hal ini selain kamu bisa memenuhi kebutuhan cairan saat sahur dan berbuka, kamu juga bisa menggunakan beberapa skin yang mampu melembapkan bagi kulit. Cek yuk kandungan skin care apa aja sih yang mampu mengatasi kulit dehidrasi?

Glycerin

blue 3 bladed spinner on white surface

Glycerin adalah humektan yang menarik kelembapan dari air yang ada di udara dan membawanya ke lapisan teratas kulit. Umumnya Glycerin masih jadi kandungan yang paling banyak digunakan setelah air dan pewangi dalam sebuah produk. Selain mampu menghidrasi, Glycerin juga bermanfaat untuk memperbaiki fungsi lapisan pelindung kulit, melindungi kulit dari iritasi, dan mempercepat penyembuhan luka di kulit.

Ceramide

kandungan-skin-care-untuk-dehidrasi-saat-bulan-puasa

Sebetulnya ceramide ada dalam struktur kulit dan dikenal dengan nama statum corneum atau lemak yang dihasilkan secara alami pada kulit. Berperan sebagai pelindung alami kulit yang bisa menahan kelembapan, membuat kulit menjadi kenyal, dan menjaga kulit dari ancaman bakteri. Namun, seiring bertambahnya usia, paparan polusi dan sinar matahari, produksi ceramide pada kulit mulai berkurang. Sehingga, skin barrier jadi cepat rusak dan menyebabkan kulit kering, kasar, dan dehidrasi. Nah, itu lah kenapa penggunaan produk skin care berkandungan ceramide bisa membantu mencukupi kadar ceramide yang buat kulit jadi tetap lembap.

Produk Solcare dengan kandungan Ceramide:

Squalane

kandungan-skin-care-untuk-dehidrasi-saat-bulan-puasa

Dewasa ini squalane terkenal jadi salah satu kandungan yang melengkapi berbagai skin care. Squalane sendiri merupakan emolien yang mampu melapisi kulit dan meningkatkan kemampuan kulit untuk menjaga kelembapannya. Fyi, Squalane adalah versi terhidrogenasi dari squalene, yang biasanya ditemukan pada tanaman dan hewan, Namun, untuk produk kecantikan sendiri, saat ini squalene diekstraksi dari minyak zaitun, tebu, dan minyak biji gandum.

Meskipun ditemukan juga dalam tubuh, produksi squalane berkurang seiring bertambahnya usia, sehingga tubuh tetap memerlukan asupan squalane. Kalau di bulan puasa kamu rutin menggunakan produk berkandungan squalane, kamu bisa mendapatkan manfaat seperti kulit yang terasa lembap, terhidrasi, bebas dari garis halus dan keriput juga mampu mengatasi masalah kulit berminyak. 

Lactic Acid

kandungan-skin-care-untuk-dehidrasi-saat-bulan-puasa

Selama ini yang kita tahu bahan-bahan seperti lactic acid, glycolic acid, dan polyhydroxy acid sebagai eksfoliator. Tapi, menariknya, ada juga dari ingredient tersebut yang bersifat humektan, lho! Jadi, bahan tersebut bisa juga menjadi sumber hidrasi utama pada kulit sekaligus berfungsi mengeksfoliasi kulit tanpa menyebakan iritasi. Salah satunya adalah lactic acid. 

Lactic acid yang masuk dalam keluarga AHA, biasanya ditemukan dari gula tebu atau asam laktat yang dibuat dari susu. Dibandingkan glycolic acid dan golongan AHA lainnya, lactic acid termasuk yang paling ringan bahkan cocok untuk pemilik kulit sensitif, lho!

Produk Solcare dengan kandungan Lactic Acid:

Fatty Alcohol

kandungan-skin-care-untuk-dehidrasi-saat-bulan-puasa

Meskipun kebanyakan alkohol dianggap berbahaya bagi kulit, tapi beberapa jenis alkohol juga mampu memberikan kelembapan bagi kulit, lho! Salah satunya adalah fatty alcohol yang merupakan turunan oleokimia yang digunakan sebagai emolien,dan emulsifier dalam produk kecantikan. Fatty alcohol pun memilik berbagai jenis yang bisa kamu temukan dalam skin care, misalnya saja cetearyl alcohol, glucol, cetyl alcohol, stearyl alcohol, dan lauryl alcohol. 

Jenis alkohol tersebut umumnya diambil dari lemak alami dan minyak, misalnya saja kelap. Selain mampu melembapkan, jenis alkohol ini juga mampu memperbaiki tekstur kulit dan membantu bahan-bahan pendukung lainnya untuk meresap lebih baik ke kulit. 

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up