Hydroquinone, Kandungan Berbahaya Pada Skincare Yang Dilarang

Hydroquinone, Kandungan Berbahaya Pada Skincare Yang Dilarang

Seiring dengan pertambahan usia, kulit rentan mengalami perubahan tekstur dan warna, ya kan? Mulai dari tekstur, kulit akan menjadi lebih keriput serta muncul garis halus di area wajah, seperti bawah mata, dahi, dan juga sekitar bibir. Sedangkan warnanya, bisa mengalami hiperpigmentasi akibat bekas jerawat atau paparan sinar UV. Hiperpigmentasi sebenarnya dapat dicegah dengan menggunakan produk skin care yang memiliki kandungan pencerah, salah satunya hydroquinone. Sayangnya, kandungan populer ini menuai kontroversi karena kabarnya memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh dan kulit, terutama bagi ibu hamil dan menyusui. Betul gak sih?

Apa Itu Hydroquinone?

Hydroquinone merupakan salah satu jenis kandungan skin care yang sering digunakan pada produk pencerah kulit. Misalnya kalau kamu familiar dengan skin care atau produk lain yang berfungsi untuk mencerahkan atau ada kata-kata whitening atau pemutih biasanya banyak yang mengandung bahan hydroquionone ini.

Fungsi utama dari kandungan ini adalah untuk mengurangi produksi melanin atau zat pigmen pada kulit ya Solovers. Selain dapat membantu mencerahkan kulit, hydroquinone juga sering digunakan untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi pada kulit seperti flek hitam, melasma dan bekas jerawat. Biasanya, hydroquinone kerap kali digunakan untuk produk-produk perawatan kulit, seperti krim wajah, serum, atau spot treatment yang berguna untuk menghilangkan noda hitam serta flek di wajah.

Bahaya dari Penggunaan Hydroquinone

Hydroquinone sebenarnya merupakan zat yang paling efektif untuk mengatasi masalah pigmentasi pada kulit dan sudah digunakan pada produk skin care sejak abad ke-19 dan serta dinyatakan aman digunakan. Namun, penelitian yang dilakukan US FDA pada tahun 2006 menyatakan bahwa kandungan ini diragukan keamanannya karena ternyata memiliki potensi menimbulkan masalah kesehatan kulit dan tubuh. Nah, kira-kira dampak buruk seperti apa sih yang disebabkan oleh kandungan ini? Berikut beberapa di antaranya ya Solovers, kita simak yuk!

  • Ochronosis: penggunaan hydroquinone dalam jangka panjang bisa menyebabkan ochronosis, yakni sebuah kerusakan kulit yang ditandai dengan munculnya noda gelap berwarna abu atau kebiruan pada kulit.
  • Photosensitivity: hydroquinone bisa meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar UV. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen dan lindungi wajah dari paparan langsung matahari karena kulit akan mudah mengalami sunburn saat menggunakan produk berkandungan hydroquinone.
  • Reaksi Alergi: dampak yang satu ini sebenarnya masih tergolong jarang ditemukan. Akan tetapi, ada juga beberapa orang yang mengalami reaksi alergi, seperti terasa tersengat, ruam, mulut bengkak, hingga gangguan pernapasan.

Alternatif dari Hydroquinone

Bagi Anda yang memiliki masalah kulit kusam dan hiperpigmentasi, tak perlu khawatir! Kini ada banyak alternatif kandungan pencerah yang bisa Anda gunakan selain hydroquinone, di antaranya:

  • Kojid Acid: zat yang dihasilkan bakteri pada proses fermentasi beras di pembuatan sake.
  • Arbutin: merupakan ekstrak dari daun bearberry, disebut juga sebagai hydroquinone alami karena memiliki struktur kimia yang serupa dengan hydroquinone.
  • Azelaic Acid: merupakan pencerah kulit yang didapatkan dari jamur Pityrosporum Ovale. Kandungan ini lebih lembut dari hydroquinone, tetapi jika dikombinasikan dengan retinoid dapat memberikan hasil efektif dengan efek samping yang minim.
  • Niacinamide: kandungan yang banyak ditemukan pada tumbuh-tumbuhan. Kandungan ini merupakan anti-oksidan dan memiliki struktur yang stabil sehingga aman digunakan.

Jadi gak perlu khawatir ya kalau kamu biasa pakai skin care yang mengandung hydroquinone, kamu bisa pakai skin care lain dengan kandungan alternatif yang tentunya jauh lebih aman!

Penting juga untuk diketahui bahwa seluruh produk Solcare aman dari kandungan Hydroquinone. Produk pencerah/ pemutih/ whitening dari Solcare menggunakan kandungan Alpha Arbutin dan Niacinamide untuk menghilangkan noda serta flek hitam maupun untuk mencerahkan wajah. Intip di bawah ini untuk tahu produk pencerah/ whitening dari Solcare!

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *